Cara mudah mendapatkan informasi dan data rahasia dari kompetitor

Tertarik membaca judul diatas???

Ini adalah permasalahan klasik dalam data mining dan data intelligent yang sering dan selalu dialami oleh banyak perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak dalam dynamic market field, khususnya Consumer Good. Informasi data mengenai pesaing sangat besar artinya dan mampu mengurangi cost & kerugian yang akibat oleh penerapan kebijakan marketing yang kurang tepat di kemudian hari kelak. Betapa besarnya harga suatu informasi, khususnya data mengenai pesaing anda, baik  corporate strategy, data forecast, plan jangka panjang dan menengah, historical data, data penjualan, laba dan rencana pengembangan produk baru, atau data apapun itu.Tak jarang suatu industri maupun perusahaan berani membayar mahal untuk semua data dan informasi di atas. Baik melalui informan, pihak ke 3 atau bahkan lewat orang yang sengaja disusupkan secara khusus. Masalahnya tak mudah mencari informasi tersebut atau bahkan mencari Informan yang tepat.

Berikut adalah Tips mencari informasi:

Pelajari dan Carilah pegawai dari perusahaan saingan / kompetitor yang cukup dekat dengan sumber informasi yang anda harapkan.

Pilih salah seorang yang paling memenuhi kriteria sebagai berikut ini:

  • Orang yang Penjilat. “Penjilat” disini dalam arti orang yang begitu ABS (asal Boss senang).
  • Pengecut dalam membuat keputusan yang besar dan tidak berani menentukan kebijakan yang  sifatnya tanggung jawab penuh.
  • Berani melakukan apapun untuk naik posisi dengan cara yang tidak terhormat. Biasanya sering mengambil kinerja orang lain atau bawahannya, untuk ditunjukkan sebagai hasil kinerjanya dalam rangka menaikkan harga atau show off di depan Boss.
  • dan yang paling utama Yes Man (Yes Woman) to the Boss.

Pertanyaanya kenapa orang yang semacam ini yang kita pilih???

  • Dari melihat karakter diatas, tampak orang ini adalah orang yang egois dan picik, tidak perduli dengan kehidupan dan usaha orang lain, termasuk tidak perduli terhadap masa depan perusahaannya. Satu hal saja yang dia perdulikan, hanya dirinya sendiri.
  • Disisi yang lain, orang ini biasanya adalah orang yang tidak memiliki Skill, Kemampuan yang mumpuni, sehingga cenderung bertahan di posisi tertentu atau bahkan naik posisi tertentu pula dengan akal liciknya. Dia akan rela berbuat apapun walau menentang hati nuraninya sendiri.
  • Orang semacam ini adalah tipe “tikus” dan” kecoa” perusahaan yang disayang Boss seperti “anjingnya”. Dia menggigit orang lain dan bekerja hanya untuk cuilan daging pada tulang yang disodorkan oleh tuannya.

Maka manfaatkan dia, si tak tahu budi yang egois ini tentu hamba dari uang dan egonya. Mudah baginya mengorbankan perusahaan tempat dia bekerja (orang banyak, teman-teman seperjuangannya) untuk berbagi dan menjual informasi penting bagi orang yang menyodorkan “steak” padanya.

Cari tahu kesukaan atau hobinya, biasanya tak jauh dari uang, kemewahan hidup dan service dunia gemerlap. Sedikit saja dia mendapatkan tawaran hal ini, maka informasi penting akan jatuh ke tangan anda. Tapi berhati-hatilah, orang semacam ini pintar mengelak dan mahir bargaining saat menjual informasinya.🙂

Dari sini terlihat begitu penting HR Management bagi perusahaan anda sendiri bukan? jangan sampai justru informasi dan data perusahaan anda yang justru terjual dan bocor disana sini. Ada 3 point penting disini, pertama bagaimana proses seleksi awal pada karyawan anda, kedua bagaimana character building yang terjadi didalam perusahaan anda, ketiga “pembersihan” atau “flushing”.

Ketiga point tersebut sangat penting bukan? tentunya sebagian besar perusahaan telah berdiri dan berjalan cukup lama. Point pertama telah lewat dan harus dilakukan pembenahan sambil berjalan. Sedangkan Point Kedua adalah major case yang tengah dihadapi sebagian besar perusahaan, yang tentunya harus segera dibenahi secepatnya secara bertahap pada berbagai tingkatan dan division yang ada di dalam perusahaaan . Point ketiga terpaksa dilakukan jika dipandang perlu.

Development Skill Training memang penting, bagaimana dengan Character Building Training yang sudah diterapkan pada perusahaan anda???

Jika perusahaan anda ditengarai perlu mengadakan Character Building Training, kami dengan segenap hati akan membantu perusahaan anda. Untuk info, konsultasi dan memenuhi kebutuhan Character Building Training, anda dapat contact kami lewat e-mail: ie_we_yen@yahoo.com

Salam S – I – C  MoVeMent !!!

About Wiyanto Sudjono

SIC Integrity Visioner Strategic - Innovation - Creative Integrity Visioner

Posted on May 18, 2013, in Human Resource Management and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. artikel yang bagus….. harus baca 2 – ampe 3 kali baru otak-ku bisa mencerna mas…..

  2. well.wellonk

    hehehe.. mantap… u u d… ujung ujungnya… djualan…

  3. menciptakan agen spionasse dalam perang market wih serem

  4. Terimakasih mas artikelnya bagus….namun bukannya klo ngerecruit org kayak gitu bisa back fire ke perusahaan kita ya…..karena track recordnya tuh org memang tidak loyal dan tidak berkomitmen dalam bekerja….bisa jadi informasi perusahaan kitapun siap diperjual belikan olehnya….

    • Justru itulah, bagaimana kita memanfaatkan posisinya. Perlu direcruit atau tidak? jika iya, bisa buat double agent atau sengaja kirim info palsu untuk membuat diatorsi informasi ke kompetitor.

      Bagaimana memainkan peranan strategic tiap pion adalah kuncinya. Semoga membantu.

  5. semangat,
    baca dari atas lg😀

  6. ujung2nya jualan training Character Building… paling demen ane dgn CB ini adalah penelanjangan sifat2 lama…. ane liat semuanya manangis meraung raung…

  7. Hanya meninggalkan jejak saja.

  1. Pingback: Informasi Rahasia Perusahaan Otomotif tertentu cenderung bocor karena…. | Mind Genesis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: