Mencermati Iklan TV Commercial

Sering kali kita melihat Iklan di televisi, akan tetapi mengapa jarang ada iklan yang menancap dengan baik di ingatan kita. Dari 100-200 macam iklan yang dapat manusia lihat dan dengar dari televisi, hanya kurang dari 10 Iklan saja yang benar-benar dapat manusia ingat dengan baik. Coba saja kita ingat iklan-iklan yang pernah kita lihat di Televisi, kurang dari 10 iklan saja khan? Nah dari Iklan yang kita masih dapat ingat tersebut, cuma 2-3 iklan saja yang mampu membuat kita tergerak untuk melakukan apa yang diharapkan oleh produsen/pengiklan dari iklan tersebut. Entah audience jadi tertarik untuk membeli dan mencoba produk yang ditawarkan, atau sekedar datang mengunjungi suatu tempat yang ada di iklan tersebut.

Seringkali iklan televisi yang ada di indonesia hanya sekedar menciptakan awareness saja, hanya ada sedikit iklan yang dapat menyentuh pembentukan image suatu produk atau jasa.  Padahal tujuan iklan macam-macam. Goal suatu iklan memang bisa saja menciptakan suatu awareness dari suatu produk yang belum dikenal atau masih baru.

Ada juga Iklan yang dibuat untuk tujuan hardselling dengan maksud menaikkan volume penjualan secara cepat dalam waktu singkat. Disini lebih banyak bermain dengan mengkomunikasikan Diskon atau Hadiah yang didapat jika kita membeli suatu produk atau jasa tertentu. Tidak hanya itu, iklan yang baik juga harus mampu menggerakkan audience iklan untuk tergerak membeli serta menggunakan produk yang diiklankan.

Pada iklan yang memiliki goal untuk mengkomunikasikan sekaligus membentuk image suatu produk atau jasa, iklan yang baik adalah iklan yang dapat secara mutlak mampu menciptakan dan membentuk image yang ingin diposisikan oleh produsen atas suatu produk atau jasa yang diiklankan tersebut.

Bagaimana membentuk komunitas yang loyal terhadap suatu produk atau jasa yang kita iklankan. Bagaimana pula dengan membentuk konsumen yang ada saat ini menjadi Brand Advocate suatu produk dan bagaimana membuat konsumen yang ada menjadi pembela dan team suksesi anda. Itu semua tentunya dapat dibuat melalui iklan dengan komunikasi yang tajam dan spesifik. Perencanaan yang seksama dan visioner sangat diperlukan pada tahapan strategic concept sebelum berfikir secara innovative dan creative di proses pembuatan dan pemilihan media iklan.

Disini dituntut kejelian Agency sekaligus Production House pembuat iklan untuk dapat menciptakan bukan hanya sekedar karya iklan yang wow, akan tetapi kembali ke analysis riset dan insight dari target audience yang ada. Tentunya target audience dipilih berdasarkan strategic goal yang ada dan dipilih secara seksama untuk mencapai tujuan strategic yang tepat ke target market yang ada. Setelah jelas insight dari target audience dan analysis base on research telah lengkap, maka segera dibuat sebuah Strategic Concept iklan yang berdasarkan goal iklan tersebut apa? Next tentunya pemilihan media iklan yang innovative dan aplikasi creative dituntut mampu diproduksi dengan baik.

Bijak untuk memilih Agency dan PH yang tepat dengan level kemampuan mumpuni, akan sangat menghemat setiap $ yang anda keluarkan agar menghasilkan potensi maximal iklan yang dibuat, tentunya hal ini berujung pada pertumbuhan image sekaligus sales perusahaan Anda.

Salam S – I – C MoVeMent !!!

About Wiyanto Sudjono

SIC Integrity Visioner Strategic - Innovation - Creative Integrity Visioner

Posted on April 25, 2012, in Advertisment, Creative Ideas and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: