New Wave Strategy

Dunia Selalu Berubah. Hanya ada satu hal yang pasti dan tetap di dunia ini, yaitu PERUBAHAN itu sendiri. Bagaimana menyikapi perubahan-perubahan yang terus terjadi dalam merencanakan suatu Business Strategy? Salah satu dasar dari perencanaan strategy adalah memahami kondisi perubahan lingkungan (dunia, negara, area).

Perubahan / Change adalah salah satu elemen dalam 4C (Company, Competitor, Customer, Change)  yang menurut saya sangat fundamental. Customer behavior terkait secara langsung dengan Change itu sendiri. Walaupun saat ini sudah memakai 5C (dengan atribut tambahan yaitu Connector) akan tetapi peran “Change” itu sendiri sebagai fundamental factor yang sangat berpengaruh terhadap perencanaan dan pelaksanaan Strategy yang kita buat. Change sangat terkait dengan trends, time in a specific location. Bahkan ahli strategi legendaris; Sun Tzu mengatakan; “Kenalilah Diri Sendiri, Kenalilah Musuhmu dan Kenalilah kondisi Medan, maka 1.000 Peperangan menghasilkan 1.000 Kemenangan”. (Diri Sendiri = Company,  Musuh = Customer; Competitor,  Kondisi Medan = trends; time in a specific location = Change).

Mengapa Change ini menurut saya sangat fundamental? ini adalah satu-satunya element yang kita alami bersama siapapun anda, apapun company anda dan siapapun competitor anda. Anda akan mudah mengenal secara mendalam mengenai company anda sendiri, bahkan mengenal competitor anda dengan segala akses yang anda miliki, akan tetapi seringkali sangat sulit membaca, menyadari dan bahkan “menerima” perubahan yang sedang dan akan terjadi. Kemampuan untuk membaca perubahan ini adalah suatu berkat yang sangat bernilai. Akan tetapi justru element yang sangat fundamental ini jarang mendapatkan perhatian yang cukup serius dan fokus di segala jajaran management atau bahkan direksi suatu perusahaan. Semua orang lebih sibuk focus ke competitor, bahkan ke internal company sendiri tanpa menyadari Perubahan yang sedang dan akan terjadi. Siapa yang mengetahui (memiliki Vision) terhadap Change / Perubahan yang akan terjadi, sejatinya Dia telah memegang kunci menuju kemenangan. Lihat saja, Great Company / Perusahaan yang luar Biasa lahir dan dipimpin oleh seorang Visioner.

Sayangnya masih banyak praktisi business & marketing yang tidak pernah memperhatikan landscape perubahan dunia itu sendiri. Seringkali praktisi “text book” ini hanya tertarik membaca dan mempelajari hal baru lewat seminar-seminar bisnis & marketing, bahkan membaca buku-buku best seller mengenai teori marketing terkini. Akan tetapi mereka lupa pada esensi perubahan dunia itu sendiri. Mereka cuma membaca dan seolah mengerti, akan tetapi bukan menjadi bagian yang turut serta dan memiliki andil dalam perubahan itu sendiri. Feel yang sebenarnya gak dapet githu lho! Jiwa saat membuat Business Strategy atau Marketing Strategy yang sesuai dengan perubahan dan kondisi realnya tidak ada bahkan tidak hidup, alhasil hanya strategy mati yang tidak mempunyai daya hidup untuk meraih posisi kemenangan mutlak. Satu hal yang perlu kita benar-benar pahami, Marketing dan terutama Business is an ART, Art is feel Life. So Business is an art of life. Life is always Changes.

Di era New Wave ini, dimana segala bentuk social media telah berkembang dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern, maka landscape dunia telah berubah. Social Networking life menjadi new wave culture yang baru. Dunia serasa benar-benar digenggaman tangan dan sentuhan jari, thanks to Smart Mobile Phone yang memiliki segala fitur social media yang terhubung lewat internet. Lupakan surat pos, kini ada e-mail, bahkan direct e-mail. Lupakan telegram kini anak-anak kita mengenal sms adalah hal yang kuno, sebagai gantinya bbm, ym, what’sapp telah menjadi salah bentuk komunikasi yang wajar dan budaya yang normal. From “news” to “chatt”, manusia menemukan suatu bentuk baru dalam memenuhi hasrat untuk ber-social-nya. Lupakan program televisi, anak-anak kita lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melihat Youtube dan download Movie atau Video Clip yang mereka inginkan dari pada stay tune di depan program sinetron. Lupakan koran kertas, sadarlah…online news jauh lebih fresh dan gratis. Siapapun bisa download bahkan upload berita terkini. Lupakan radio, mp3 mudah didownload sesuai dengan keinginanmu. Sadarlah dunia telah berubah dan terus berubah makin cepat. Kini semua orang bisa jadi bintang, kini semua orang bisa jadi producer, wartawan, editor bahkan politikus. Semua semakin connected. Semua semakin socialize berkat smart mobile phone yang sangat personal dan anda bawa ke mana-mana untuk berhubungan dengan siapa saja dimana saja.

Era New Wave membutuhkan Strategy yang New Wave juga. Jangan sampai anda merancang suatu Strategy Business atau Marketing yang konvensional untuk menghadapi era New Wave ini. Kesalahan perencanaan akan berakibat sangat fatal terhadap kelangsungan bisnis sekaligus perusahaan anda. Pengetahuan tentang New Wave era saja tidak cukup, anda harus menjadi bagian di dalam perubahan itu sendiri. Feel it, Life in it, ride the Changes, then Winning it. Make Your Great New Wave Strategies.

Salam S – I – C MoVeMent !!!

About Wiyanto Sudjono

SIC Integrity Visioner Strategic - Innovation - Creative Integrity Visioner

Posted on April 5, 2012, in New Wave Strategy and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. pembahasan yg keren 4c yang dipopulerkan hermawan dibahas dengan lebih renyah..

    usul donk bahas soal dunia otomotif dan marketingnya seperti mind genesis…merindukan bahasan yg seperti itu😀

  2. info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂 , Aerilyn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: