Creating your Own Competitive Advantages with Innovative Visions !!!

Dalam dunia Bisnis ada dua macam perubahan untuk mempertahankan competitive advantages suatu produk atau layanan, yaitu; Evolution yang di-drive oleh “Kaizen” (Continuous Improvement Management) dan Revolution yang di-drive oleh Innovation. Kali ini kita tidak membicarakan Kaizen, akan tetapi berfokus pada pembahasan Innovation sebagai drive utama dalam revolution.

Sebagai tools perubahan yang dahsyat, Innovation menyebabkan banyak perubahan besar di dunia, siapa yang menguasainya akan mendapatkan competitive advantage yang luar biasa dibandingkan para saingannya. Bahkan seringkali pihak yang menguasainya akan menguasai dunia.

Sebagai salah satu contoh Inovasi yang menggebrak dunia adalah Revolusi Industri yang terjadi pada akhir abad ke-18 sampai awal abad ke-19 yang dimulai di Inggris dengan perkenalan mesin uap dalam dunia industri. Dengan inovasi dalam teknik permesinan industri mendesak pekerja tergantikan didominasi oleh industri dan produksi mesin. Faktor yang melatar belakangi terjadinya Revolusi Industri adalah terjadinya revolusi ilmu pengetahuan pada abad ke 16 dengan munculnya para ilmuwan dengan inovasi-inovasinya. Efek budayanya menyebar ke seluruh Eropa Barat dan Amerika Utara, kemudian memengaruhi seluruh dunia.

Inovasi selalu merubah dunia dan merubah peta persaingan Bisnis. Lihat bagaimana penemuan pesawat terbang telah membuat jarak semakin pendek. Perubahan dominasi alat transportasi terjadi, kapal uap dan kapal laut mulai perlahan-lahan tergantikan. Bahkan dengan inovasi dalam hal maintenance management dan route management telah membuat pesawat terbang mengantikan kereta api antar kota dengan competitive advantage terutama pada factor harga, waktu dan kenyamanan.

Inovasi pada media komunikasi juga semakin cepat, semenjak telegram pertama ditemukan, telephone, tv, personal phone (hand phone). Lihat bagaimana surat dan telegram mati tergantikan sms, sms tergeser bb-messenger dan whatsapp semenjak era smart phone. Inovasi pada desain dan teknologi personal electronic gadget telah menuntun Apple Inc. memiliki aura dan kelas tersendiri disertai dengan kekuatan Brand “berdaya magis” yang membuat para konsumennya memiliki fanatisme yang kuat terhadap merk yang satu ini. Innovations will lead you and make you lead the competitive landscape.

Dari sedikit contoh diatas sudah jelas betapa vitalnya penguasaan Inovasi bagi competitive advantage perusahaan atau bisnis anda. Bagaimana melihat, menangkap dan memanfaatkan peluang perubahan yang ada dengan melakukan Inovasi yang tepat? Bagaimana menciptakan Inovasi yang tepat? Inovasi yang tepat diciptakan bukan pada saat terjadi perubahan, kalau diciptakan disaat yang sama dengan terjadinya perubahan bukanlah sebuah inovasi, hanyalah sebuah problem solving untuk menjawab perubahan yang terjadi tadi. Lalu kapankah Inovasi diciptakan? Inovasi adalah faktor pendorong terjadinya perubahan, sehingga tercipta inovasi terlebih dahulu dan perubahan akan serta merta mengikutinya. Peluang perubahan akan selalu ada tentunya, hanya disaat terjadinya “peluang perubahan” inilah Inovasi akan tumbuh merubah dan menciptakan perubahan yang nyata. Jikalau tidak ada “peluang perubahan”, inovasi akan lemah dan mati.

Bingung dengan arti “peluang perubahan”? Misalnya saja disaat di negara Korea, Jepang dan beberapa negara Asia telah demam Boyband, di Indonesia belum terjadi, akan tetapi berita tentang Boyband telah menjadi trending topic di kalangan kawula muda indonesia. Peluang perubahan telah ada, hanya saja belum terjadi. Anda bisa membuat suatu event kompetisi yang innovative yaitu Boyband Competition misalnya. Contoh lain, disaat makin maraknya laptop/notebook menjadi pilihan, sebagai personal computer yang mobile untuk alat presentasi, untuk membaca e-book, atau sekedar bermain games, peluang perubahan telah terjadi untuk menghadirkan bentuk mobile personal computer yang baru. Tentunya yang lebih ringkas dan flexibel dengan berbagai fitur baru. Inovasi Computer Tablet telah menjawabnya, perubahan terjadi, gaya baru berpresentasi, membaca e-book dengan sentuhan jari layaknya menggeser halaman buku dan cara baru bermain pc-games telah merubah kebiasaan jutaan pengguna personal computer. Sebaliknya inovasi baru yang timbul disaat peluang perubahan belum ada juga tidak akan berkembang dan merubah apapun.

Visi seorang leader akan sangat menentukan kearah mana dan inovasi apa yang harus diciptakan untuk menjadi pemenang dalam peta persaingan bisnis yang diterjuni oleh perusahaan tersebut. Visi berarti memiliki pandangan yang jauh kedepan, mampu membaca pergerakan di masa depan, meramalkan kondisi, keadaan dan kejadian yang mungkin terjadi di masa depan. Sebaik apa Visi yang dibutuhkan? Semakin Visioner seorang Leader, jangkauan pandangannya akan semakin jauh ke depan dan semakin akurat membaca masa depan. Sehingga semakin banyaklah peluang dan informasi untuk menciptakan Inovasi. Semakin Visioner, semakin baiklah peluang Innovation yang diciptakannya. Seseorang yang memiliki gabungan kedua bakat ini, yaitu seorang Visioner yang disertai dengan kemampuan menciptakan Innovation yang hebat adalah seorang yang luar biasa. Kami menyebut bakat ini dengan Innovative Vision.

Manfaatkan peluang perubahan, lakukan Inovasi dan perubahanpun akan terjadi karena Innovative Vision yang anda ciptakan. Creating your Own Competitive Advantages with Innovative Vision !!!

Salam S – I – C MoVeMent !!!

About Wiyanto Sudjono

SIC Integrity Visioner Strategic - Innovation - Creative Integrity Visioner

Posted on March 16, 2012, in Innovative Visions and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Innovasi emang jurus terampuh memenangkan persaingan. disaat henry ford berinovasi dengan mobil produksi massal, dunia berubah. disaat Apple menciptakan tablet, bahkan orang pidato pun saat ini tidak bawa secarik kertas, tapi sudah pakai tablet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: