Creative based on Concept or just Crap Creativity?

Sering kali kata Creative kita lontarkan saat kita melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yang lain dari pada yang lain, sesuatu yang tidak lumrah tetapi menarik, sesuatu yang diluar pemikiran pakem normal akan tetapi bisa diterima publik. Lalu apakah dengan Creative saja cukup? Seringkali banyak orang hanya menilai suatu hal dari kreatifitasnya saja, tanpa melihat fondasi di balik kreativitas itu sudah benar atau tidak! Lalu bagaimana kita menilai mana kreatifitas yang benar dan mana yang salah? Apakah suatu bentuk kreatifitas itu berharga atau justru tidak berharga? Apakah dengan kreatifitas yang ada membuahkan hasil yang tepat atau justru malah berujung pada kesalahan yang semakin dalam?

Creative based on Concept or just Crap Creativity?

Untuk menjawab hal ini saya akan bedah dengan contoh kasus saja. Semisal sebuah product minuman susu berkarbonasi, dengan target market anak muda, remaja gaul yang up date, cheer, active people, trend setter, shopping lover, love to hang-out, love to share and chat. Product minuman ini akan melakukan brand activation program, tentunya dengan event. Tiba-tiba terlontar ide yang “creative” menurut mereka, sebuah kompetisi mirip bintang The Beatles, sebuah band rock dari Inggris tahun 1960-1970an yang sangat terkenal waktu itu. Kompetisi ini akan diselengarakan di mall “X” yang dipandang paling ramai di weekend karena selalu dipenuhi dengan keluarga yang hang-out di mall ini.

Saat hari H, kompetisi ramai karena diikuti oleh banyak kontestan dan dilihat oleh ribuan orang yang hadir di mall tersebut. Pertanyaanya, Creative-kah event ini? Sebelum kita jawab, mungkin ada berbagai pertanyaan yang jauh lebih penting untuk kita jawab, yaitu; Berhasilkah event ini? Apakah event ini sudah tepat sasaran? Apakah hubungan / korelasi event ini, dengan brand image product yang dipasarkan? Apakah dengan event ini akan menciptakan dorongan bagi Audience sehingga ingin meminum dan membeli product tersebut? Apakah pengaruhnya kelak bagi Brand Image Product minuman ini?

Berhasilnya suatu event tidak hanya dilihat dari ramai tidaknya acaranya saja, akan tetapi ketepatan dalam menyentuh sasaran sesuai goal dan positioning dari product yang kita promokan.

Singkatnya walau event diatas ramai, akan tetapi tidak tepat sasaran;

  • pemilihan mall tidak tepat, bukan hang-out mall yang banyak anak muda dan remaja gaulnya, melainkan mall keluarga dimana mayoritas orang tua dan anak kecil. (remaja biasanya keluar tidak bersama orang tua mereka, akan tetapi teman-teman mereka.)
  • peserta kompetisi adalah segment yang niche, penyuka classic rock yang notabene bukan trend setter people.

Bagaimana pengaruh event terhadap Brand Image Product? Kiranya jika event ini ramai sekalipun, dan mampu menimbulkan awareness, image product juga tidak akan terbangun sesuai dengan apa yang diharapkan? Image anak muda, remaja gaul yang up date, cheer, active people, trend setter, shopping lover, love to hang-out, love to share and chat tidak akan terbentuk dengan event semacam ini.

Dengan melihat acara semacam ini tentunya bagi target market yang dituju (yaitu; anak muda gaul …dst…) tidak menimbulkan rasa ingin mencoba dan menjadikan minuman ini sebagai bagian gaya hidup yang mencerminkan mereka. Justru pesan yang mereka tangkap akan salah, bias dan kabur antara minuman keluarga atau malah minuman para golongan classic rocker yang minority tersebut. Hal ini akan menciptakan masalah besar dalam perkembangan image product di masa yang akan datang dan tentu saja penjualan product di masa yang akan datang akan segera mengikutinya.

Sekali lagi, Creative based on Concept or just Crap Creativity?

Sebuah Kreatifitas haruslah didasarkan pada konsep-konsep marketing dan promo yang benar, jika tidak, itu hanyalah sebuah kreatifitas tambal sulam yang muncul tanpa dasar pemahaman yang benar. Sebuah Kreatifitas Sampah!

Akar dan pemahaman yang benar akan sebuah Concept adalah mutlak perlu sebagai acuan fondasi saat menciptakan Creative Idea!!! Tentunya Creative Idea tadi akan benar-benar powerful dan magnificent!!!

Salam S – I – C MoVeMent !!!

About Wiyanto Sudjono

SIC Integrity Visioner Strategic - Innovation - Creative Integrity Visioner

Posted on March 14, 2012, in Creative Ideas and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. setujuu…….
    understand the concept and make some creative from that

  2. mantap!SIC movement🙂
    semangat alm #58 nih

  3. mantab!! SIC movement🙂
    semangat alm.#58 nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: